Fakta Unik Bioskop di Dunia

Salah satu pilihan terpopuler saat berjalan-jalan bersama teman ataupun keluarga adalah menonton film di bioskop. Selain menghibur, menonton bioskop juga nggak membutuhkan biaya yang besar. Dari perkembangan dan perjalanannya dari dulu sampai sekarang, banyak fakta unik yang banyak orang nggak tahu. Simak penuturannya di bawah ini.

  1. Baris kursi dengan huruf I dan O

Sadar nggak sih kalo kamu membeli tiket bioskop, ternyata dari deretan alphabet yang dipakai nggak ada huruf I dan juga O? Alasannya, agar penonton nggak bingung dalam mencari kursinya, karena huruf I terlihat seperti angka 1 dan huruf L kecil, sedangkan O mirip dengan angka 0. Bahkan ada juga yang nggak menyertakan baris dengan huruf L karena rancu dengan huruf kecilnya dan huruf ‘i’ besar.

  1. Ada satu baris berwarna abu-abu

Kalau kamu sering nonton, pasti sering melihat ada satu baris di tengah studio yang berwarna abu-abu dan nggak bisa dibeli. Dulu hal tersebut suka dikaitkan dengan berbagai hal mistis, tapi sebenarnya baris tersebut merupakan ‘best seat’ atau ‘best position’ yang ada dalam satu studio. Baris tersebut sengaja disiapkan untuk para penonton VIP seperti para pemegang saham, para petinggi bioskop, pejabat, tamu undangan,dll. Lain halnya ketika film sedang laris, biasanya seat tersebut akan dijual untuk penonton umum.

  1. Studio bioskop diawasi oleh kamera pengawas

Fakta yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu, karena biasanya di beberapa bioskop sebelum film dimulai, ada pemberitahuannya. Kamera pengawas di sini nggak hanya kamera pengawas biasa, tapi sudah menggunakan infra merah karena studio yang dipantau dalam keadaan gelap. Hal ini bertujuan untuk mengawasi perilaku penonton yang melanggar aturan seperti bertelepon, merokok, menaikkan kaki ke kursi di depannya sampai merekam atau membajak film.

  1. Kursi merah bioskop

Pernah nggak kamu bertanya kenapa kursi bioskop berwarna merah? Mungkin sebagian penonton berpikir bahwa penggunaan warna merah terkesan artistik dan membangkitkan semangat menonton, padahal alasan sesungguhnya adalah menyamarkan sisa sampah atau kotoran yang mungkin tertinggal. Hal ini dikarenakan jarak waktu dari satu pertunjukkan ke pertunjukkan selanjutnya sangat singkat, jadi petugas kebersihan bisa saja tidak punya banyak waktu untuk membersihkannya.

  1. Peralatan bioskop sama mahalnya dengan produksi sebuah film

Seperti yang kita ketahui kalo zaman sekarang penayangan film menggunakan teknologi digital, maka pihak bioskop dituntut untuk bisa memiliki peralatan digital yang mampu mendukung teknologi yang disimpan di cakram atau master film yang akan ditayangkan. Semakin canggih peralatan bioskop maka kualitas film yang ditampilkan pun semakin baik, dan pada akhirnya memberi kepuasan pada penonton. Agar bisa menampilkan kualitas tontonan yang prima, Managemen Bioskop tentu harus bisa menyediakan proyektor, teknologi tata suara, serta ruangan yang baik agar mampu memantulkan suara yang sempurna. Di beberapa bioskop bahkan menyediakan fasilitas 4DX, di mana kursi tempat duduk penonton dapat bergerak-gerak mengikuti gerakan di layar, membuat penonton merasakan sensasi seperti kejadian nyata. Untuk bisa menghadirkan semua kenyamanan itu, biaya yang dikeluarkan Management Bioskop nggak sedikit. Membangun satu studio dengan kapasitas 100 penonton saja biayanya bisa setara dengan memproduksi sebuah film berbujet standar (antara Rp 1 – 1.5 milyar). Jadi bisa Anda bayangkan berapa besar investasi yang harus dikeluarkan sebuah bioskop yang punya lebih dari 1 studio. Ini baru studionya saja lho. Kita belum bicara fasilitas lain seperti elevator, ruang tunggu, tempat makan, loket tiket, dan lain-lain.

Itulah beberapa fakta bioskop yang dapat menjadi pengetahuan tambahan kamu tentang dunia perbioskopan. Kalo kamu penasaran dengan fakta di atas, kamu bisa cek saja ke Cinema 21 yang ada di Mall BTM lantai 4. Di sini juga kamu bisa menonton film-film baru yang sedang tayang dengan fasilitas yang kece. Kamu juga bisa melihat pemandangan gunung salak dari balkonnya, lho! Keren banget kan? Yuk ajak teman dan keluarga untuk nonton di Cinema 21 Mall BTM!

Comments are closed.